Ada Puisi Berantai di Peresmian Perpustakaan Sekolah


Jepara, soearamoeria.com
Bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2 Mei 2016, SMK Fadlun Nafis Bangsri Jepara meluncurkan perpustakaan, Senin (02/05/16).

Peluncuran perpustakaan itu ditandai dengan penyerahan meja untuk pengelolaan buku dan kartu peminjaman kepada perwakilan peserta didik.

Pengelola perpustakaan, Ulin Nur Hidayati menjelaskan peluncuran dilangsungkan setelah pelaksanaan upacara bendera peringatan Hardiknas di lapangan SMK Fadlun Nafis.

Ratusan siswa antusias mengikuti acara tersebut karena dimeriahkan dengan sejumlah lomba antarkelas. “Kami bersyukur dengan semangat siswa dalam mengikuti acara ini. Lomba antarkelas juga berjalan lancar. Lomba yang kami adakan adalah membuat slogan, karya tulis, dan lomba puisi berantai. Lomba puisi berantai ini yang mendapat respon paling baik dari peserta didik,’’ ucap Ulin.

Dia menambahkan, dalam pelaksanaan lomba itu ditempatkan di mobil pick up. Hal yang tidak lazim itu justru makin membuat semangat para peserta lomba. ’’Kami adakan dengan sederhana. Tatanan panggung hanya dengan bak mobil pick up sehingga  membuat acara berlangsung meriah. Siswa-siswi hanya duduk beralaskan selembaran banner dan karpet di teras Perpustakaan,” jelas Ulin.

Adapun Kepala SMK Fadlun Nafis, Akhmad Efendi menerangkan adanya perpustakaan baru ini agar siswa-siswi bisa meningkatkan budaya literasi. Itu juga sesuai dengan amanat Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anis Baswedan untuk meningkatkan aspek literasi.

’’Semoga fasilitas  yang ada ini bisa menambah semangat membaca bagi siswa-siswi karena buku-buku yang aa mencakup jurusan masing-masing,” tuturnya.

Lebih lanjut, Akhmad Efendi mengatakan, buku adalah jembatan ilmu. Karena itu, peserta didik perlu meningkatkan tradisi membaca memperluas wawasan. ’’Jangan memanfaatkan waktu luang hanya untuk bermain-main saja, tapi setidaknya meluangkan waktu sejenak untuk membaca dan memanfaatkan buku-buku yang ada di perpustakaan,’’ jelasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Kepala Sekolah bidang Kesiswaan SMK Fadlun Nafis, M. Mizan Sya’roni menjelaskan bahan dasar  pembelajaran adalah  ilmu, baik ilmu  apapun itu  karena ilmu tidak dapat dirasakan dalam jangka waktu pendek begitu saja.

Dia menambahkan, dengan  semakin banyak mengunjungi perpustakaan untuk membaca, maka semakin banyak pula ilmu pengetahuan yang bisa didapat.

’’Selain di ruang perpustakaan yang ada, sebagai tempat membaca. Agar lebih refresh, siswa juga bisa memanfaatkan taman yang ada di sekolah untuk tempat membaca,” ujar Mizan. (qim)
Ada Puisi Berantai di Peresmian Perpustakaan Sekolah Ada Puisi Berantai di Peresmian Perpustakaan Sekolah Reviewed by Syaiful Mustaqim on 06:35:00 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.