Ketika Teater Pelajar Kudus Bersatu


Kudus, soearamoeria.com
Sejumlah sekolah tingkat SMA di Kabupaten Kudus menggelar latihan teater bersama di SMA 1 Mejobo Kudus. Kegiatan latihan bersama ini melibatkan para siswa yang aktif dalam ekstrakurikuler seni teater serta pembina dari sekolah masing-masing.

Adapun sekolah yang terlibat dalam latihan bersama ini di antaranya adalah SMA 1 Kudus (Teater Studio One), SMA 1 Mejobo (Teater Kahanan), SMK Duta Karya (Teater Apotik), SMK 2 Kudus (Teater SAKA), SMK Miftahul Falah (Teater Xmifa).

Kegiatan yang dibuka langsung Nur Afifuddin kepala sekolah SMA 1 Mejobo selaku tuan rumah kegiatan berlangsung selama sehari ini diisi dengan latihan dasar keteateran, game serta sharing bersama antar kelompok.

Dalam sambutanya Nur Afifuddin menyampaikan rasa bangga dan bahagia dapat melihat siswa yang berkecimpung dalam dunia seni teater dapat kumpul bersama dan membangun komunikasi antar sekolah.

Dalam latihan bersama yang diselenggarakan kali pertama ini melibatkan beberapa tokoh pekerja seni teater diantaranya Waryoto Giok sebagai pemandu latihan dasar, Adreas Teguh, Teresa Rudiyantoserta Ricki Martin dari teater Djarum selaku pemandu game.

Sedangkan pada sesi sharing bersama dipandu oleh Wisnu Dudu Dewo dan dilanjutkan dengan pembahasan rencana tindak lanjut oleh Saliem Sabendino.

Menurut Asa Jatmiko sebagai inisiator acara latihan bersama teater pelajar Kudus, bahwa kegiatan ini diadakan untuk lebih mengakrabkan antar sesama siswa yang berkecimpung dalam seni teater.

Karena selama ini para anggota teater pelajar hanya bertemu saat ada efent lomba atau festival semata, sehingga mereka lebih sering bertemu sebagai rival daripada sebagai sesama teman yang menggeluti dunia seni teater.

Pada acara sharing bersama yang dilanjutkan dengan pembahasan rencana tindak lanjut akhirnya kelima sekolah yang hadir sepakat untuk membentuk jaringan teater pelajar Kudus. 

Dalam hal ini diharapkan Jaringan Teater Pelajar Kudus akan mampu membangun komunikasi serta program-program bersama antar sesama pelajar yang aktif dalam bidang seni teater dari berbagai sekolah yang ada di Kabupaten Kudus. Juga nantinya diharapkan akan mampu mengajak sekolah lain untuk bisa bergabung dan berproses bersama dalam Jaringan Teater Pelajar Kudus. (qim)
Ketika Teater Pelajar Kudus Bersatu Ketika Teater Pelajar Kudus Bersatu Reviewed by Syaiful Mustaqim on 08:08:00 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.