Gerakan Ramah Lingkungan Lewat “Cleaning Together”


Jepara, soearamoeria.com
Ada beragam cara yang dilakukan dalam Peringatan Hari Ozon. SMK Fadlun Nafis Bangsri Jepara menyelenggarakan kegiatan dalam rangka memperingati hari ozon internasional bertajuk Cleaning Together dengan aksi membersihkan sampah di sepanjang jalan sekitar sekolah. Begitu yang diungkapkan oleh Kepala Sekolah SMK Fadlun Nafis Bangsri, Akhmad Efendi, Rabu (16/9).

Kegiatan ini dilakukan sebagai sarana untuk mengimplementasikan ilmu yang diperoleh dari bangku sekolah. Bentuk kegiatan ini merupakan salah satu wujud tindakan nyata dalam mengurangi dampak perusakan lapisan ozon di atmosfer. Karena kerusakan yang sampai saat ini terjadi merupakan dampak dari adanya sampah yang salah dalam pengelolaanya, seperti dibiarkan berserakan di mana-mana atau dibakar.

Dia menjelaskan, kegiatan bersih sampah ini juga dapat dijadikan sebagai media belajar yang sangat efektif dalam berbagai aspek. Di antaranya adalah aspek pengetahuan, melakukan aksi nyata di lapangan membuat siswa memahami secara langsung bagaimana keadaan sampah yang sebenarnya ketika di alam, sehingga memudahkan untuk memahami pengetahuan tentang sampah. Misalnya bentuk dari sampah organik, bentuk sampah anorganik.

“Manfaat yang dapat diperoleh adalah untuk menunjukan kepada siswa, membuang sampah di sembarang tempat merupakan tindakan tidak terpuji,” katanya.

Apalagi bagi siswa siswi, yang belajar di sekolah, kegiatan ini sebagai media aplikasi perintah dalam agama yang selalu mengutamakan kesucian, kebersihan di lingkungan kita.

Efendi menambahkan, kegiatan ini tidak hanya cleaning together, semua kegiatan yang berhubungan dengan listrik sehari dipadamkan. Dalam satu hari tidak ada kendaraan yang hidup di lingkungan, baik guru, karyawan maupun murid. Jadi semua murid tidak boleh menyalakan kendaraannya. “Kendaraan di dorong pintu gerbang sekolah sampai ketempat parkiran sekolah,” ujarnya.

Dia berpesan, peringatan ini semoga menjadi pelajaran kepada siswa betapa pentingnya menjaga ozon kita yang semakin menepis. Karena Nitrous Oxide adalah salah satu penyebab penipisan lapisan ozon setelah CFC.

Karena itu, sudah seharusnya seluruh masyarakat turut bergerak untuk ikut menyelamatkan kerusakan ozon dalam bentuk apapun. Karena banyak akibat dan dampak dari penipisan lapisan ozon yang akan kita terima. Mulailah dengan langkah yang sederhana yaitu dari sendiri, baru pada lingkungan kita. Mari sambut Hari Ozon Sedunia dengan gerakan ramah, peduli, dan merawat lingkungan dimana Anda berada dan tinggal. (Ahmad Miftahul Ulum/qim)
Gerakan Ramah Lingkungan Lewat “Cleaning Together” Gerakan Ramah Lingkungan Lewat “Cleaning Together” Reviewed by Syaiful Mustaqim on 21:57:00 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.