Air Khataman Al-Qur’an, Obat yang Ampuh - Soeara Moeria

Breaking

Senin, 30 Maret 2015

Air Khataman Al-Qur’an, Obat yang Ampuh


Ilustrasi: Google
Air Do'a Al-Qur'an- Nabi Muhammad SAW memberikan teladan bagaimana memadukan manfaat kebaikan air dan doa. Ketika mengobati terkadang beliau tidak cukup dengan doa atau ayat al qur’an saja melainkan disertai dengan air dan kadang memakai air liur sebagaimana dipraktikkan Nabi, air dapat menjadi menjadi pengantar manfaat doa dalam pengobatan.

Air memiliki bahasa komunikasi yang sangat indah ketika kita memperlakukannya dengan baik sebagaimana Nabi memperlakukan air dan doa dalam satu paket yang manjur.

Al qur’an adalah satu-satunya mukjizat Nabi Muhammad SAW yang paling agung yang bisa kita saksikan. Sementara mukjizat yang lain tinggal ceritanya saja. Karena al qur’an adalah kitab yang paling agung dan paling utama maka membaca al qur’an menjadi ibadah yang paling utama bagi umat Islam sebagaimana disabdakan oleh Nabi dalam suatu hadits.

Apalagi kalau membacanya sampai khatam maka akan mendatang keistimewaan yang tidak sedikit.

Doa Orang yang Khatam

Orang yang khatam al qur’an doanya mustajab alias ces pleng. Rasulullah SAW bersabda: orang yang hafal al qur’an ketika khatam al qur’an mempunyai doa yang mustajab dan pohon di surga (HR. Baihaqi).

Doa bisa jadi mustajab dikarenakan ketika khatam banyak makhluk suci yaitu Malaikat yang ikut mengayu bahagia khataman dengan mengamini dan ikut mendoakan dengan jumlah yang tidak hanya satu dua tapi ribuan bahkan puluhan ribu.

Diriwayatkan dari Humaid bin Al A’raf dia berkata siapa yang membaca al-qur’an dan mengkhatamkannya kemudian berdoa maka ada empat ribu Malaikat yang mengamini doanya kemudian para Malaikat terus mendoakan dan memintakan ampun kepadanya sampai sore atau subuh (HR. Ad-Daromiy).

Hadits yang lain menerangkan: ketika hamba khatam al-qur’an maka ada Malaikat enam puluh ribu memohonkan ampun kepadanya ketika khatam.

Maka jika orang yang khatam memohon agar sehat tentu akan sehat dan di dalam doa khotmil al-qur’an ada permohonan: “Ya Allah, limpahkanlah keselamatan dan kesehatan bagi kami.”

Al-Qur’an Obat yang Manjur
Al-qur’an adalah mutiguna, disamping digunakan sebagai ibadah juga bisa digunakan sebagai obat yang sangat ampuh baik untuk penyakit rohani maupun penyakit jasmani. Allah telah berfirman dalam al-qur’an:
Dan kami turunkan dari al-qur’an suatu yang menjadi obat/ penawar dan rahmat bagi orang-orang yang beriman (QS. Al-Isra: 82)

Ditegaskan dalam hadits: barang siapa tidak mencari kesembuhan dengan al-qur’an maka Allah tidak akan menyembuhkannya.

Al-qur’an adalah obat yang paling baik sehingga Nabi bersabda: Rasulullah SAW bersabda gunakanlah dua obat yaitu al-qur’an dan madu dan bersabda sebaik-baik obat adalah al-qur’an.

Dalam kitab Syarah Sunan Abi Dawud diterangkan: Telah datang dari Siti Aisyah RA atsar yang shohih di karangan Syeikh Ibnu Abi Syaibah bahwa Siti Aisyah berpendapat tidak mengapa membaca di air kemudian diminum orang yang sakit atau dituangkan kepada si sakit.

Pengobatan dengan al-qur’an dan air telah diperagakan oleh Nabi sendiri yang di antaranya:

Syeikh Ibnu Abi Syaibah menceritakan di kitab musnadnya dari hadits Abdullah bin Mas’ud, dia berkata: Ketika Nabi SAW baru shalat pada waktu sujud maka disengat kalajengking di jarinya, lalu Rasulullah SAW selesai shalat dan berangkat sambil berkata semoga Allah melaknati kalajengking yang tidak membedakan Nabi dan lainnya kemudian Nabi meminta bejana yang ada airnya dan garam kemudian yang kena sengatan diletakkan di air dan garam sambil membaca Qul huwallahu ahad dan muawwidataian sehingga reda.

Jadi kalai air dibacakan satu qur’an penuh yakni sampai khatam apalagi berulang kali bahkan sampai 40 kali maka akan lebih banyak barokahnya dan manfaatnya. Tentu akan menjadi obat yang ampuh.

Air untuk Kehidupan
Air termasuk ciptaan Allah yang sangat vital karena menjadi sumber kehidupan bagi manusia, hewan serta tumbuh-tumbuhan. Mereka tidak akan hidup tanpa air. Manusia bisa bertahana hidup sampai 30 hari tanpa makan tetapi bisa meninggal gara-gara tidak minum selama tiga hari saja. Maka tepatlah firman Dzat yang maha pencipta. “Dan Kami ciptakan dari air segala sesuatu yang hidup.” (QS Al-Anbiya: 30).

Air menjadi bagian terbesar dari komposisi tubuh manusia yaitu 75%. Menurut sumber ilmiah, kandungan air dalam otak 83%, ginjal 82%, jantung 79%, paru-paru 80%, tulang 22% dan darah 90%.

Bila kandungan air dalam masing-masing organ tersebut tetap dipertahankan sesuai kebutuhan, maka organ tersebut akan tetap sehat. Sebaliknya bila menurun, fungsinya juga akan menurun dan lebih mudah terganggu oleh bakteri, virus dan sumber penyakit lainnya.

Air meski terlihat seperti benda tak hidup, ternyata bisa memberi respon sangat luar biasa ketika kita memberikan kata-kata atau doa. Inilah keajaiban air, dapat “mendengar” kata-kata, bisa “membaca” tulisan, bisa “mengerti” pesan dan molekulnya berubah bentuk.

Dr. Masaru Emoto dari Universitas Yokohama dengan tekun melakukan penelitian tentang perilaku air. Air murni dan mata air di Pulau Honshu didoakan secara agama Shinto lalu didinginkan sampai 50 derajat celcius di laboratorium lantas difoto dengan mikroskop electron dengan kamera kecepatan tinggi. Ternyata molekul air membentuk Kristal segi enam yang indah.

Ketika 500 orang berkonsentrasi memusatkan pesan “peace” di depan sebotol air, Kristal air tadi mengembang dengan indahnya. Dan ketika dicoba dibacakan doa Islam, Kristal bersegi enam dengan lima cabang daun muncul berkilauan.

Terapi Air Putih
Air adalah salah satu sarana pengobatan yang luar biasa. Di Jepang sekarang ini sangat populer sekali tren minum air segera setelah bangu pagi. Apalagi tes ilmiah telah membuktikan keampuhannya. Terapi air putih ini telah dibuktikan sukses oleh kumpulan pengobatan Jepang untuk penyakit lama dan serius dan juga penyakit modern. Anda tak akan percaya sebelum melakukannya.

Di bawah ini daftar penyakit yang dapat disembuhkan oleh terapi ini :
Sakit kepala, Asma, Hosthortobics, Darah tinggi, Bronchitis, Kencing manis, Kurang darah, TBC, Paru-paru, Penyakit mata, Rematik, Radang otak, Pendarahan di mata, Lumpuh, Batu ginjal, Mata merah, kegemukan, Penyakit saluran kencing, haid tidak teratur, Radang/ sakit persendian, Kelebihan asam urat, Leukimia, Radang selaput lender, Mencret, Kanker peranakan, Gangguan jantung, Disentri, Kanker payudara, Mabuk, Pusing, Gamang, Ambeien, Radang tenggorokan, Batuk, Sembelit dll.

Menurut penelitian dan pengalaman, penyakit-penyakit berikut diketahui dapat disembuhkan dengan terapi air putih dalam waktu seperti tertulis di bawah ini :
1.     Tekanan darah tinggi (30 hari)
2.     Asam lambung (10 hari)
3.     Diabetes (7-30 hari)
4.     Susah buang air besar (1-10 hari)
5.     Kanker (32-180 hari)
6.     Tubercolosis (90 hari)
7.     Asam urat (2 hari)

Prosedur Terapi Air
Cara praktik terapi air putih sebagai berikut:
1.    Setiap pagi setelah bangun tidur, segera minum 1,5 meter air yaitu sekitar 5-6 gelas.
2.    Suhu air harus berada pada suhu kamar atau hangat, jangan dingin atau panas.
3.    Tidak boleh ada minuman atau makanan padat yang dimakan selama 1 jam sebelum dan sesudahnya kecuali air putih.

Membaca basmalah dan doa : Bismillahirrahmanirrahim. Allahumma rabin nasi. Adhibi ba’si. Isyfini antas syafi la syifaa illa syifauka. Syifaan la yughadiru saqama. Waida maridtu fahuwa yasyfin. Alfatihah.
4.     Tidak boleh minum-minuman beralkohol pada malam sebelumnya.
5.    Air yang digunakan yang paling baik adalah air zam-zam kemudian air hexagonal (misalnya air minum Buya) dam terutama yang sudah dibacakan doa atau ayat al-qur’an (seperti air minum KH-Q) atau air yang direbus.

Minum air sebanyak itu dalam waktu singkat memang berat tetapi secara berangsur-angsur akan terbiasa melakukannya.

Metode pengobatan ini tidak mempunyai efek samping tetapi pada saat pelaksanaan pengobatan ini dalam beberapa hari permulaan mungkin akan sering buang air kecil maupun besar (berak), pilek, pening dll yang berlangsung dua atau tiga hari sampai satu pekan. Itu adalah proses penyembuhan yang baik. Maka jangan takut dan teruskan saja, sampai jadi kebiasaan.

Air Tidak Boleh Diganti
Jim Jones, pakar makanan terkemuka di Amerika Serikat juga mengatakan banyak orang yang ingin sehat tetapi melupakan minum-minuman paling sederhana, air putih. Mereka malah minum-minuman populer seperti kopi, the atau cola. Mereka beranggapan semua itu bisa menggantikan air putih.
Pemikiran itu jelas keliru. Air putih menyediakan manfaat kesehatan yang tidak dapat diberikan oleh minum-minuman macam itu. Bahkan sari buah-buahan yang penuh vitamin sekalipun tak bisa menandinginya. Meski dari segi nutrisi penting tapi sari buah-buahan tidak membersihkan tubuh anda.

Meminum air biasa dengan metode yang benar, memurnikan tubuh manusia. Hal itu membuat usus besar bekerja dengan lebih efektif dengan cara membentuk darah baru dalam istilah medis dikenal sebagai aematopaises. Bahwa mucousal fold pada usus besar dan usus kecil diaktifkan oleh metode ini, merupakan fakta yang tak terbantah seperti teori yang menyatakan bahwa darah segar baru diproduksi oleh mucousal fold ini.

Bila usus bersih, maka gizi makanan yang dimakan beberapa kali dalam sehari akan diserap dan dengan kerja mucousal fold, gizi makanan itu diubah menjadi darah baru. Darah merupakan hal penting dalam menyembuhkan penyakit dan memelihara kesehatan. (KH.M.Ulul Albab Arwani, Pengasuh Pesantren Yanbuul Qur’an Kudus/ Majalah Arwaniyyah Edisi 11/ 2012)

2 komentar: