Mbah Tohir Beri Motivasi Siswa SMK Az Zahra


Jepara-Sutradara kawakan Srimulat, Mbah Tohir hadir di kompleks Az Zahra desa Sekuro kecamatan Mlonggo kabupaten Jepara, Kamis (9/10) pagi. Lawatannya ke Jepara itu untuk memberikan motivasi kepada pelajar SMK dan santri Az Zahra. Dalam motivasinya, Sutohir, nama aslinya memantik peserta didik jurusan Multimedia dan Broadcasting itu untuk memiliki kesadaran.

Sadar sebagaimana seorang yang sedang tidur dibangunkan. Sadar sebagai pelajar plus santri yang sedang mengais ilmu pengetahuan.

Menurutnya, ilmu pengetahuan perlu dijadikan pepeleng, pengingat agar kedepan bisa dibiasakan materi-materi yang telah didapatkan. “Kalo punya pengetahuan kalian harus pintar dan punya kepintaran,” terang lelaki berusia 69 tahun itu.

Mbah Tohir menjelaskan jika tidak memiliki keduanya niscaya akan dipinteri oleh orang lain. Untuk mencapainya dengan tekun dan ketekukan. “Kita bisa memahami pelajaran gara-gara dilatih terus-menerus,” imbuh pria asal Surabaya itu.

Ia menyontohkan 2 ditambah 2 sama dengan 4 sudah melekat dalam ingatan. Begitu pula dengan mengenal abjad, abcde dan seterusnya karena dilatih berulang-ulang.

Belajar ialah berlatih dan mengulangi sampai akhirnya melekat. “Kita minum, mengeluarkan hajat besar juga karena latihan. Kita bisa karena biasa,” katanya.

Pria yang diusia senjanya kini aktif pentas monolog di belantara Jawa ini menambahkan hidup hanya memilah dan memilih baik dan buruk. “Bejone wongkang bejo iseh bejo wongkang eleng dan waspada,” jelasnya.

Karena itu kepada peserta didik yang hadir khususnya kelas XII sebutnya tiada kata terlambat untuk belajar. Apalagi untuk kelas X asal tekun dan terbiasa niscaya hidup akan bermanfaat untuk orang lain.

Selain memberikan suntikan motivasi kepada murid Az Zahra, lelaki yang juga mempunyai kelihaian melukis itu akan pentas monolog di dua tempat. Monolog “Kasir Kita” ia pentaskan di kampus Unisnu Jepara, Sabtu (11/10) malam. “Jokasmo” bakal ia monologkan di SMK Az Zahra Jepara, Senin (13/10) pagi. (Syaiful Mustaqim)

Mbah Tohir Beri Motivasi Siswa SMK Az Zahra Mbah Tohir Beri Motivasi Siswa SMK Az Zahra Reviewed by Syaiful Mustaqim on 18:34:00 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.