SMP MIS Jabal Nur, Kembangkan Pendidikan Islam Modern

Jepara, soearamoeria.com-Salah satu lembaga pendidikan baru yang ikut mencerdaskan anak bangsa adalah SMP Modern Islamic School (MIS) Jabal Nur desa Bandengan, Jepara. Dengan visi sebagai pusat pendidikan Islam modern, SMP MIS kedepan mengembangkan masyarakat mandiri dan berkarakter. Sedangkan misinya yang menonjol menerapkan strategi pembelajaran dengan Dzikrullah, proses belajar mengajar diawali dengan Al-Quran.

"Selain itu misi lain menyelenggarakan pendidikan menengah pertama yang Islami modern yang mampu memberi bekal pengetahuan, sikap mandiri dan akhlak mulia," ujar Muhammad Yusa, kepala SMP MIS Jabal Nur.
 

Berdirinya SMP bernuansa Islami dan modern itu menurutnya karena belum ada sekolah lanjutan pertama yang mengedepankan nilai-nilai Islami, modern, mandiri serta berkarakter di seputaran pantai Bandengan. Ide itu kemudian disambut Yayasan Jabal Nur yang konsen pada kemajuan pendidikan.
 

"Apalagi saat ini Sekolah Berstandar Internasional (SBI) atau Rintisan Sekolah Berstandar Internasional (RSBI) sudah tidak ada lagi sehingga kami pun lebih bersemangat untuk mengembangkan sekolah lanjutan pertama yang berkarakter dan modern ini agar warga sekitar pesisir mempunyai nuansa baru," tambahnya.
 

Dari segi pembelajaran SMP MIS itu tidak jauh berbeda dengan sekolah lain. Namun ada pelajaran tambahan yang membuat anak tumbuh Islami, berkarakter, modern dan Mandiri. Pelajaran tambahan diantaranya Bahasa Arab, Bahasa Inggris , pendalaman kitab salaf dan juga berbagai macam keterampilan semisal desain grafis, melukis, sablon, elektronik, drum band dan sulap.
 

"Kedepan 1 pelajaran bahasa yang akan kami ajarkan adalah bahasa Mandarin/ China karena saat ini China merupakan negara cukup potensial dari berbagai macam segi," sambung Yusa.
 

Sementara itu Ketua Yayasan Jabal Nur, KH Abdullah Uzair mengungkapkan SMP MIS diharapkan mencetak generasi muda yang islami, berkarakter dan mandiri. Karena itu pembelajarannya ditekankan pada praktik dalam kehidupan sehari-hari namun demikian tidak melupakan pada pelajaran pokok sesuai dengan kurikulum dari Pendidikan Nasional (Diknas).

Disamping itu, pihaknya juga menyediakan berbagai fasilitas pendukung pendidikan misalnya ruang belajar, laboratorium, perpustakaan, dan lapangan olahraga . Juga disediakan pesantren bagi yang ingin mendalami keislaman.

"Bagi orang tua wali yang mengharapkan pendidikan bernuansa baru silakan mendaftarkan putra-putrinya di SMP MIS Jabal Nur lokasinya tidak jauh dari pantai Bandengan," ajar Kiai Uzair.

Untuk syarat-syarat pendaftaran; mengisi formulir, fotokopi STTB SD/ MI, foto hitam putih 3X4=3 lembar, foto hitam putih 2X3=3 lembar. Semua persyaratan dimasukkan dalam map hijau untuk putra dan merah bagi putri. Pendaftaran dibuka mulai 3 April-10 Juli 2013. (Fatkhul Muin/ qim)
SMP MIS Jabal Nur, Kembangkan Pendidikan Islam Modern SMP MIS Jabal Nur, Kembangkan Pendidikan Islam Modern Reviewed by Syaiful Mustaqim on 06:34:00 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.