Mainan Tradisional Dakon Jepara Laku di Jakarta

Jepara, soearamoeria.com-Salah satu mainan tradisional Dakon yang dibuat oleh Mufid Khoirun Naim (29) dibeli oleh warga Jakarta. Congklak nama lain dari Dakon karya warga Ngabul RT.02 RW.03 kecamatan Tahunan, Jepara itu untuk koleksi Kampung Mainan Tradisional yang ada Jakarta, Depok dan Yogyakarta. Awal mula jalinan komunikasi itu manakala 6 bulan yang lalu Mufid, sapaan akrabnya iseng-iseng membuat banggalan, mainan terbuat dari kayu. Kemudian ia share di fb yang terkait.


Dari situlah si pemesan mulai tertarik dengan mainan tradisional buatannya. Komunikasi pun berlanjut hingga saat ini. 

Pekan kemarin, setidaknya Endi Arastiono selaku penggiat Kampung Mainan Tradisional memesan 100 dakon, 50 biji lubang 5 seharga Rp.15.000 dan selebihnya lubang 7 dengan harga Rp.20.000. 

Menurut Mufid yang juga tukang jasa laundry dan servis kompor gas itu menyatakan sebenarnya Endi sudah hunting harga mainan tradisional kemana-kemana tetapi lebih cocok dengan buatan Jepara lantaran selain harga murah kualitasnya lumayan bagus. 

Selain Dakon, mainan tradisional yang dipesan Endi juga Ketapel, Gasing, Yoyo, Kapal Minyak dan mainan dapur dari tanah liat. “Oleh penggiat sejumlah mainan tradisional dibeli untuk melestarikan mainan tradisional Nusantara,” papar Mufid. 

Secara pribadi ia memberikan support kepada pribadi maupun komunitas yang hendak melestarikan mainan-mainan tradisional itu. Sebab jika tidak lanjut pencipta lagu mars Keluarga Mahasiswa Jepara Semarang (KMJS) itu anak cucu yang akan datang tidak bakal mengenalinya lagi. (qim)
Mainan Tradisional Dakon Jepara Laku di Jakarta Mainan Tradisional Dakon Jepara Laku di Jakarta Reviewed by Syaiful Mustaqim on 08:40:00 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.